Kos Kotak di Johar Baru Terinspirasi Hotel Kapsul Jepang

Sponsored




Liputan6.com, Jakarta – Rumah kos berkonsep sleep box viral di media sosial. Letak kos kotak itu berada di Jalan Rawa Selatan V, No 14, RT 18/RW 4, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Penjaga kosan, Shincan menjelaskan, pemiliknya bernama Sunang Kori mendesain rumah kos tersebut dengan meniru hotel kapsul yang ada di Jepang.

"Mungkin kalau sudah pernah ke Jepang dan melihat model kapsul, melihat ini enggak asing. Nah kami meniru dan mencoba mengaplikasikan di Indonesia," ucap dia saat ditemui, Senin (2/9/2019).

Shincan mengakui, secara kualitas jauh lebih baik hotel kapsul di Jepang. Tapi dari segi harga, kos kotak jauh lebih terjangkau. Sebab kos tersebut tujuannya untuk mengakomodasi masyarakat yang berpenghasilan Rp 2 juta hingga Rp 4 Juta.

"Agar masyarakat yang berpenghasilan rendah memiliki sisa tabungan yang diputar untuk kebutuhan lain," ujarnya.

Kos kotak itu dibangun untuk memberikan solusi warga yang penghasilannya tidak mencukupi untuk menyewa kos di Jakarta yang umumnya seharga Rp 1 juta ke atas per bulan.

Selama ini, Shincan mengklaim, kehadiran sleep box direspons sangat baik oleh masyarakat dengan penghasilan rendah.

"Rata-rata puas. Buktinya mereka menghuni ada yang setahun, satu setengah tahun, dan dua tahun," kata Shincan.

Shincan menyayangkan jika Pemprov DKI Jakarta malah berencana menyegel kos kotak tersebut. "Kasihan kalau disegel. Ini kan membantu," ucapnya mengakhiri.



Credit



Kos Kotak di Johar Baru Terinspirasi Hotel Kapsul Jepang.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos