Cerita Akhir Pekan: 6 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia dan Indonesia yang Memukau

Sponsored




Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya pantai dan laut yang keindahannya mampu menghipnotis mata manusia. Gunung-gunung pun memiliki pemandangan yang sangat memukau.

Tidak heran banyak orang maupun kelompok pecinta alam yang suka menghabiskan waktu dengan menaklukkan gunung dan menikmati pemandangan yang sangat indah dari puncaknya. Banyak sekali gunung yang terdapat di seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Gunung yang semakin tinggi, biasanya tingkat bahaya untuk pendakiannya juga semakin besar. Ukuran tinggi sebuah gunung adalah ketinggiannya di atas permukaan laut. Ada banyak puncak gunung yang tingginya di atas 3000 sampai 6000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meski begitu tak semua menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada enam puncak tertinggi di dunia dan di Indonesia dengan pemandangan alam yang memukau dan jadi impian para pendaki gunung untuk ditaklukan.

Carstensz

Puncak Jaya atau biasa dikenal Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO. Carstensz masuk dalam daftar 'Seven Summits' yaitu gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

Puncak yang terletak di Pegunungan Sudirman, Papua Barat ini disematkan berdasarkan nama orang pertama yang berhasil mengamati gletser di gunung ini yaitu Jan Carstenszoon dari Belanda pada 1623. Pada 1963, puncak ini berganti nama menjadi Puncak Soekarno, setelah itu kemudian diganti menjadi Puncak Jaya. Nama Piramida Carstensz sendiri masih digunakan di kalangan para pendaki gunung.

Mahameru

Puncak Mahameru termasuk puncak paling populer di Indonesia. Terletak di Gunung Semeru, puncak ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru sendiri termasuk gunung api yang masih aktif dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung ini pertama kali dipuncaki pada 1838 oleh Clignet dan Winny Brigita dari Hindia Belanda. Mahameru punya banyak pemandangan indah dan menarik karena gunung Semeru mempunyai beragam macam tanaman seperti pohon cemara, pinus dan akasia. Selain itu ada tumbuhan seperti alang-alang dan edelweiss putih. Lalu ada beragam jenis hewan seperti macan kumbang, kijang, kancil dan belibis.



Credit



Cerita Akhir Pekan: 6 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia dan Indonesia yang Memukau.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos