Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang Diduga Akibat Dump Truk Kelebihan Muatan : Okezone Nasional

Sponsored



PURWAKARTA – Polisi menduga kecelakaan beruntun yang menewaskan delapan orang di Tol Cipularang KM 91+200, Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat, Senin 2 September 2019, akibat dump truk kelebihan muatan (overload).

"Dari keterangan sementara yang kami dapat, dump truk mengalami trouble (kesalahan) akibat kelebihan muatan," Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius kepada Okezone, Selasa (3/9/2019).

Tapi, polisi masih terus mendalami kasus kecelakaan tersebut. Salah satunya dengan memeriksa sejumlah saksi di antaranya sopir dump truk berinisial SB (40).

Selain dump truk yang kelebihan muatan, menurut Matrius, kondisi di lokasi kejadian diperparah dengan bentuk jalan yang sedikit menurun. Sehingga, dump truk bermuatan tanah merah untuk industri itu hilang kendali.

"Dari hasil olah TKP dan keterangan saksi, kendaraan tersebut mengangkut 34 ton tanah merah. Padahal, kapasitas dari dump truk itu hanya 20 ton," ujar Matrius.Laka di Cipularang

Dengan begitu, pihaknya menduga kecelakaan beruntun ini akibat dua kendaraan dump truk tersebut kelebihan muatan.

Baca juga: Fakta-Fakta Kecelakaan Mengerikan di Tol Cipularang yang Merenggut 8 Nyawa

Disinyalir, karena beban muatannya terlalu besar, sistem pengereman kendaraan besar ini terganggu. Sehingga, truk yang membawa tanah dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) menuju Karawang itu melaju hingga menabrak apa saja yang ada di depannya.

Baca juga: Kisah Puluhan Nyawa Melayang di "Kerajaan Gaib" Tol Cipularang

"Untuk sopir masih kita periksa. Sampai saat ini statusnya masih saksi. Kami masih melakukan pengembangan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan beruntun di Tol Cipularang arah Jakarta, Senin 2 September 2019 siang, mulanya berawal dari tergulingnya dump truk. Dump truk pengangkut tanah itu melintang di jalan.

Saat proses evakuasi berlangsung, ada lima kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta berhenti. Tiba-tiba, muncul sebuah dump truk lainnya diduga remnya blong menabrak kenderaan di depannya.

Kemudian ada 15 mobil lagi tiba-tiba datang dari arah belakang dengan kecepatan tinggi, gagal berhenti sehingga saling bertabrakan.



Credit



Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang Diduga Akibat Dump Truk Kelebihan Muatan : Okezone Nasional.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos