Dua Skenario Pemindahan ASN ke Ibu Kota Baru

Sponsored




Menteri Lingkungan Hidup periode 2009-2011 Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa Kalsel sudah memenuhi kriteria kesiapan aspek lingkungan.

"Bicara soal lingkungan hidup, ada kata kunci tidak boleh lepas yakni daya dukung dan daya tampung. Jakarta, daya dukung dan daya tampungnya rendah, tapi kalau Kalimantan masih bagus," ucapnya.

Namun yang masih harus menjadi perhatian adalah kebakaran hutan dan lahan yang hampir setiap tahun terjadi sehingga sangat diperlukan kesungguhan semua pihak serta kegiatan proaktif dan preventif.

Dosen Fisip Universitas Lambung Mangkurat Taufik Arbain menelaah dari tiga aspek yakni demografis, sosiologis, dan antropologis. Jika ibukota pindah ke Kalimantan Selatan, maka akan ada 1,5 juta penduduk yang menghuni di ibukota baru ditambah 4,2 juta penduduk Kalimantan Selatan, maka total 5,7 juta jiwa.

Sementara Rektor ULM Sutarto Hadi menjelaskan Universitas Lambung Mangkurat yang terpisah di lima lokasi pada 2025 akan menempati lokasi yang baru di IKN sehingga harus disiapkan SDM berkualitas.

Dikatakan, human capital menjadi isu sentral dalam pemindahan ibu kota dan masyarakat Kalsel adalah masyarakat yang memiliki daya tahan tinggi dan seluruh civitas ULM siap menyiapkan sumber daya itu.

"Dari segi akademis dan intelektual, kita cukup layak men-support ibu kota negara di Kalsel. Program Afirmasi dikembangkan untuk mendorong peningkatan pendidikan khususnya bagi dayak meratus," katanya.



Credit



Dua Skenario Pemindahan ASN ke Ibu Kota Baru.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos