4,5 Hektar Lahan di Jambi Terbakar : Okezone News

Sponsored



JAMBI – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Jambi. Kali ini terjadi di wilayah Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Jambi di lahan milik warga di Jalan AMD Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kabupaten Tanjab Barat.

Akibat kejadian tersebut, sekitar 4,5 hektar lahan perkebunan ludes terbakar. Tak pelak, puluhan petugas dari tim gabungan berjibaku berupaya memadamkan api. Namun, angin kencang yang terjadi saat itu, membuat api kian menjalar ke lahan kebun di sekitarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Tanjab Barat, Kosasih mengatakan, beruntung api bisa dikendalikan oleh tim gabungan.

"Yang menjadi kendala tim gabungan saat melakukan pemadaman api adalah angin yang cukup kencang. Kalau untuk penyebab atau asal api masih belum diketahui," kata Kosasih kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

 Kebakaran Hutan

Sementara itu, Kapolsek Betara Iptu Irwan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata, kebakaran tersebut terjadi pada Selasa siang kemarin.

"Saat itu, saksi mata sedang melakukan pemanenan di kebun kelapa sawit milik saudara Willy Chen," ujarnya.

Pada saat melakukan pemanenan, saksi mendengar adanya suara percikan api dan melihat ada titik asap di areal lahan cetak sawah milik kelompok masyarakat dan dengan cepat api menjalar ke kebun kelapa sawit milik Willy Chen.

Melihat kejadian itu, saksi melaporkan hal tersebut ke Security Depot Air Minum Muntialo bahwa terdapat adanya titik api.

 Kebakaran

Selanjutnya, pemilik lahan melaporkan kejadian kebakaran lahan tersebut ke Polsek Betara. Mendapati laporan itu, Iptu Irawan langsung melakukan koordinasi lintas sektoral instansi terkait dan memerintahkan anggotanya untuk turun ke TKP guna upaya melakukan penanggulangan karhutla.

"Untuk luas lahan yang terbakar kurang lebih 4,5 hektar. Untuk asal api belum diketahui, saat ini masih dalam proses penyelidikan," tukas Irwan.

Terpisah, Willy Chen saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa api berasal dari lahan sebelah. "Api dari lahan orang. Punyo kito adolah yang terbakar," ungkapnya singkat.

(wal)




Credit



4,5 Hektar Lahan di Jambi Terbakar : Okezone News.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos