Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Aceh Tengah Malam, Warga Diimbau Tenang

Sponsored




Liputan6.com, Aceh – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kabupaten Aceh Singkil pada Sabtu (26/1) tepat pukul 23.36 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I'e Banda Aceh di Aceh Besar, Ahad, menyatakan, titik koordinat episenter berada di 2,04 Lintang Utara dan 97,86 Bujur Timur.

Pusat gempa tepatnya terjadi di laut dengan jarak sekitar 35 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil yang memiliki kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kota Gunung Sitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara II-III MMI.

Hingga berita ini diturunkan belum terdapat laporan akibat gempa memicu terjadinya tsunami, dan kerusakan terutama di wilayah setempat dilansir Antara.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyatakan, gempa bumi berkekuatan magnitudo  4,7 yang mengguncang Aceh Singkil, Sabtu (26/1) pukul 23.36 WIB merupakan gempa dangkal yang tidak memicu tsunami.

"Meski terjadi di laut, tapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," terang Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan dalam siaran persnya diterima di Banda Aceh, Minggu (27/1/2019).

Ia menerangkan, titik episenter terletak di koordinat 2.04 Lintang Utara dan 97.86 Bujur Timur pada jarak 35 kilometer (km) arah Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil dengan kedalaman 10 km.



Credit



Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Aceh Tengah Malam, Warga Diimbau Tenang.

Sponsored

Popular Posts

Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos